Selasa, 15 Desember 2009

Bulletin Desember

Info : Perubahan Jadwal "Coffee Morning"

Sehubungan dengan keberangkatan Bapak Kapus PIKU - Dr. Edvin Aldrian ke Copenhagen - Denmark sebagai salah satu delegasi Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim Internasional (COP15, 7 - 19 Desember 2009), maka acara "Coffee Morning" ditunda hingga kepulangan beliau.

Pertemuan Mckinsey

Telah dilakukan pertemuan antara BMKG dengan McKinsey di kantor BMKG jakarta pada tanggal 12 November 2009 yang juga dihadiri oleh IPB, UI, KLH, DepHut, dan APHI. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas emisi CO2 hasil kajian McKinsey yang menyatakan bahwa Indonesia adalah emiter nomor 3 terbesar di dunia setelah USA dan China.
Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu :
1. Data yang dipergunakan McKinsey masih debatable.
2. McKinsey belum memperhitungkan absorbsi dalam perhitungan nett emission dimana berarti nilai emisi Indonesia bukan merupakan nilai yang sesungguhnya.
3. Perlunya memperhitungkan faktor iklim dalam proyeksi emisi lahan gambut akibat degradasi dan kebakaran hutan.
McKinsey mengharapkan dapat bekerjasama dengan instansi lain guna memperbaiki hasil kajiannya.

Presentasi Ilmiah

Pada tanggal 13 November 2009 Kepala Bidang Informasi Perubahan Iklim - Bapak Soetamto, M.Si dan Staf Subbid. Analisa Informasi Perubahan Iklim - Mugni Hadi Hariadi, S.Si memberikan paparan pada acara presentasi ilmiah di lingkungan Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG. Bapak Soetamto memaparkan materi mengenai Introduction on climate change : analysis, adaptation, mitigation and current status, sedangkan Bapak Mugni memaparkan materi mengenai Socio economy benefit of meteorology and hidrology services sebagai "oleh-oleh" dari keikutsertaannya dalam workshop di China.


Kunjungan Wageningen University

Prof. Win Van Driel dari Wageningen University (WU) - Belanda, melakukan kunjungan ke Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara. Inti dari pertemuan tersebut antara lain, WU memberikan kesempatan kepada staf PIKU BMKG untuk melanjutkan studi M.Sc dan PhD disana melalui program beasiswa Stuned. Prof. Win Van Driel juga membuka kesempatan untuk berkorespondensi dengan staf PIKU yang berminat melanjutkan studi di WU.
Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di :
Wageningen University
atau Disini.


Training Linux

Guna menunjang kegiatan operasional, Kepala Pusat Perubahan Iklim pada tanggal 24 November 2009 lalu memberikan kuliah dasar mengenai Linux.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar