Senin, 25 Januari 2010

Bulletin Januari

Training Teknik Prediksi El Nino

Demi menunjang kegiatan operasional di lingkungan Kedeputian Klimatologi, khususnya pada Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara (PIKU), Drs. Soetamto, M.Si mengadakan training singkat mengenai teknik prediksi El nino.
Pada training ini peserta disuguhkan materi yang cukup lengkap, mulai dari definisi, historis kejadian, dampak terhadap beberapa sektor, hingga urutan langkah-langkah (metode) tentang bagaimana cara memprediksinya di Indonesia. Training ini juga dihadiri oleh Bapak Deputi Klimatologi serta Bapak Kapus PIKU.
Untuk langkah selanjutnya, Bapak Deputi berpesan, "..pada awal 2010 para peserta training diharapkan sudah dapat menguasai prediksi el nino dan kemudian dilanjutkan dengan training dipole mode..".

Coffee Morning II

Pertemuan rutin dua bulanan di lingkungan Pusat PIKU (Coffee Morning) kembali diadakan pada tanggal 23 Desember 2009. Garis besar dari pertemuan tersebut adalah antara lain :
1. Tujuh program Pusat PIKU ditahun 2010 :
- Pelaksanaan HMD pada bulan Maret 2010 dengan tema "Perubahan Iklim, Kesehatan dan
Infrastruktur";
- Pembuatan peta kerentanan iklim;
- Workshop GAW;
- Diseminasi informasi iklim;
- Diseminasi hasil HMD untuk sektor kesehatan;
- Pembentukan RCLIC; dan
- Penguatan system database kualitas udara.
2. Sosialisasi serta optimalisasi lebih lanjut mengenai jabatan fungsional
3. Penyiapan materi untuk diklat perubahan iklim
4. Menginventarisir lebih lanjut akan kebutuhan komputer dan laptop
5. Pemanfaatan ruangan ex KPI sebagai perpustakaan.

Berita Duka

Innalilahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah Ibunda dari rekan kita Puji Setyani (Sub Bidang Informasi Perubahan Iklim) pada hari Jum'at, 1 Januari 2010 di Blora Jawa Tengah. Segenap Pimpinan dan Staf Pusat PIKU mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya.

Berita Kelahiran

Segenap Pimpinan dan Staf Pusat PIKU mengucapkan selamat atas lahirnya putri ke tiga dari rekan kita Puji Setyani.

Today's Quote

"...A person who never made a mistake never tried anything new..."

- Albert Einstein -

Kamus Piku

Perubahan iklim : adalah perubahan variabel iklim (khususnya suhu udara dan curah hujan) yang disebabkan oleh kegiatan manusia (antrophogenic), terutama yang berkaitan dengan pemakaian bahan bakar fosil dan alih guna lahan, yang terjadi secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang panjang antara 50 sampai 100 tahun (inter centenial).
Perubahan yang disebabkan oleh faktor-faktor alami, seperti tambahan aerosol dari letusan gunung berapi, tidak diperhitungkan dalam pengertian perubahan iklim.
(http://climatechange.menlh.go.id/index.php?option=content&task=view&id=14&Itemid=2)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar